Bagaimana Cara Kerja Internet?

Jumlah pengguna internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Intrenet juga mempunyai pengaruh besar atas ilmu dan pandanagn dunia. Dengan ahanya berpandukan mesin pencari seperti google, pengguna diseluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, internet melambngkan penyebaran  pengetahuaan informasi dan data secara ekstim .lalu, seperti apa cara kerja internet? Hal-hal yang berperan penting dalam sistem kerja internet dijelaskan sebagi berikut:


  • Server Client

Untuk terhubung dengan halaman web tertentu ( komputer dalam keadaan ‘online), terlebih dahulu kita harus terhubung dengan server, yang bekerja sepanjang hari kecuali bila ada gangguan atau sedang down. Sever adalah komputer yang mengirimkan data dari dan ke dalam internet. Pengguna internet yang meminta informasi dari server disebut client. Komputer yang kita gunakan adalah client yang meminta informasi dari ISP ( internet Provider Service) yang berfungsi sebagai server.

  •  Antena Pemancar dan Satelit

Server terhubung dengan antena pemancara yang selanjutnya juga terhubung dengan satelit, sehingga proses transmisi data dapat berjalan dengan lancar.

  •  Modem dan Router

Antara server dengan client, menggunakan peghubung yang dinamakan modem. Jika koneksi yang diperlukan hanya untuk satu komputer,modem dapat langsung terhubung ke komputer (client) setelah terhubung dengan server. Namun, jika koneksi ditunjukan untuk beberapa komputer, modem setidaknya dihubungkan ke router terlebih dahulu sebelum tersambung ke komputer-komputer client.

  •  Protokol

Semua server dan client berkomunika dengan bahasa komputer yang disebut protokol. Jika kita terhubung dengan internet, kita akan melihat setiap alamat situs web diawali dengan http:// yang merupakan cara kerja dari word wide web. Ini merupakan defaul addres bagi kebanyakan situs di dunia ini ( disamakan) dengan tujuan agar kita tidak perlu lagi mencari-cari protokol untuk mengakses sebuah situs. Cukup dengan satu protokol meski sebenarnya ada beberapa protokol lain untuk electronic mail, transfer data komputer atau lainya.

  • IP (Internet Protokol)

Paket informasi komputer dikirim dari komputer ke komputer mengguankan alamat numerik yang disebut IP Adress. Ip adress memberikan informasi darai mana paket berasal dan kan ditunjukan ke mana. Terdiri dari 4 deret angka dipisahkan oleh titik.

  • Internet Browser 

Agar anda dapat melihat informasi yang dikirim oleh komputer server, anda membutuhkan sebuah sofware browser/internet browser. Contoh sofware ini adalah Internet Explorer, firefox, Netscape, Opera atau Google crome . Sofware-sofware tersebut menerjemahkan informasi yang dikirim server kepada client, sehingga memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi yang diinginkan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *