Mudahnya Pembelajaran di Tengah Pandemi Menggunakan Google Classroom

waktu baca 2 menit
Rabu, 4 Mar 2020 10:52 0 717 gueabans.com

Seperti yang sama- sama kita ketahui, dengan adanya wabah penyakit Covid- 19 ini semua aktifitas dilakukan dari rumah. Bukan hanya dunia kerja tapi berdampak juga pada dunia Pendidikan karena semua sekolah melakukan pembelajaran dari rumah. Lantas, bagaimana cara agar mempermudah siswa dan guru supaya bisa tetap melakukan pembelajaran di tengah pandemi ini?

Sekarang Era digital sudah tak asing lagi bukan? Semua menggunakan teknologi. Dengan adanya teknologi yang terus berkembang secara pesat tak menutup kemungkinan untuk mempermudah pekerjaan. Salah satunya media pembelajaran jarak jauh ini di saat pandemi Covid-19 melanda. Teknologi ini bisa menjadi penghubung antara guru dan siswa untuk menjalankan pembelajaran online.

Salah satunya dengan menggunakan aplikasi yang bernama Google Classroom. Aplikasi ini diperuntukan dalam bidang Pendidikan. Bukan hanya untuk sekolah namun juga untuk perguruan tinggi. Dengan adanya Google Clasroom pembelajaran jadi lebih efektif dan efisien. Kenapa? Karena walaupun jarak yang berjauhan tapi tetap bisa melakukan pembelajaran secara mudah. Guru bisa memberikan materi pembelajaran dan siswa dapat menerima materi pembelajaran.

Google Classroom ini sangat mudah di akses karena bisa melalui smartphone, tablet, laptop, maupun komputer. Sebelum mengakses Google Classrom terlebih dahulu download aplikasinya di playstore, Appstore, ataupun google. Setelah itu daftar apakah anda guru, atau siswa setelah itu isi formulir dan isi dengan sesuai ya.

Google Play store Class room

Lalu bagaimana Google Classroom ini bisa digunakan? Setelah mendaftar atau Log in, jika Anda seorang Guru atau Dosen maka Anda akan memiliki kode kelas yang berupa Alphanum (Alphabet Number) dengan 6-7 digit. Setelah itu kode tersebut Anda bisa share ke siswa Anda supaya para siswa bisa join ke Goggle Classroom.

Gambar Kode Celas room

Gambar Kode Celas room

Dalam Google Classroom terdapat fitur untuk membagikan materi, kolam komentar, bahkan pengumpulan tugas. Benar- benar seperti pembelajaran di dunia nyata ya hanya saja ini dunia maya (online). Walaupun di tengah- tengah pandemi, pembelajaran di lakukan dari rumah, bukan menjadi halangan untuk membagi dan mendapatkan ilmu. Karena dengan adanya teknologi yang semakin canggih, kita bisa melakukan aktivitas walaupun dari rumah.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bapak, Ibu, dan teman- teman semua. Terus semangat dalam mencari ilmu, mencerdaskan anak bangsa dan menjalankan kewajiban sebagai seorang guru. Jangan karena adanya pandemi dan sekolah di rumahkan, jadi alasan supaya bisa malas- malasan.

LAINNYA