Sejarah Singkat Tentang Internet

TEMPAT NGOPREK : Secara harfilah, internet ( kependekan dari “interconnected Networking”) ialah rangkaian komputer yang terhubung satu sama lain. Hubungan melalui suatu system antar perangkat komputer untuk lalu lintas data itulah yang dinamakan network. Mungkin anda mengenal istilah LAN( Local Area Network), yang menghubungkan komputer-komputer dalam area tertentu, seperti kantor, sekolah atau warnet. Internet kurang lebih seperti itu, hanya dalam area yang sangat luas, yaitu seluruh dunia. Jadi, komputer yang terhubung melalui jaringan dan saling berkomunikasi dengan waktu dan wilayah tak terbatas, disebut internet.
Sejarah Internet
Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali pada tahun 1969 oleh ARPA (advanced Research Project Agency), sebuah badan yang dibentuk pada tahun 1958 oleh Amerika yang terdiri dari para peniliti dan teknisi dari universitas dan laboratorium yang ada di amerika. awalnya badan ini dibentuk untuk menyaingi rusia yang saat itu lebih maju di bidang satelit. Para peneliti pun bekerja, tidak harus disatu lokasi, untuk membuat penelitian dan mendedikasikan hasil penelitian tersebut untuk perkembangan teknologi Amerika Serikat. 
Karena mereka bekerja dengan satu tujuan, tentu mereka harus saling berbagi hasil penelitian sesering mungkin. namun, karena para peneliti tersebut bekerja tidak dalam satu lokasi, mereka mengalami kesulitan dalam hal ini. Akhirnya, ARPA memutuskan untuk membuat sebuah jaringan komputer atau komputer network pada tahun 1969, yang diberikan nama ARPANET . dengan adanya ARPANET, para peneliti dari seluruh belahan Amerika bisa berkomunikasi dan mengkses data-data yang mereka perlukan dari komputer server yang telah disediakan. Sambungan atau jalur yang digunakan ARPANET saat itu adalah jalur atau kabel telphon. Namun, pada waktu itu, ARPANET bukanlah untuk semua orang, haya untuk kalangan tertentu.
Untuk mempercepat proses tarnsmisi data, ARPANET akhirnya bekerja sam adengan pihak NOVEL. Meraka menggunakan teknologi yang dinamakan paket switching. Dengan teknologi setiap paket atau data yang dikirim, akan dipecah menjadi paket-paket kecil, sehingga bisa membercepat proses pengiriman data. Saat data sampai tempat tujuan, data tersebut akan disatukan kembali.
Pada waktu itu, teknologi network hub belum ditemukan, menyebabkan server yang ada di ARPANET (4 buah) harus dihubungkan secara langsung dari satu server ke server yang lain. Seiring waktu, Akhirnya para peneliti menyadari akan besarnya manfaat yang bisa diberikan oleh networking. Setelah melalui beberpa penelitian akhirnya mereka berhasil mengembangkan teknologi networking, menyebabkan jumlah komputer yang terhubung semakin banyak.
Pada tahun 1972, Email mulai diperkenalkan,. Dengan email, peneliti bisa lebih mudah untuk berkirim data dan infromasi. Semenjak saat itu, trafick yang ada dalam networking tersebut menjadi semakin tinggi . Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. ini merupakan awal darai internet yang kita kenal saat ini.
Pada akhirnya, tahun 1989, diperkenalkan sebuah protokol, nyaitu Hypertext Transfer Protokol  atau HTTP. Dengan protokol yang sama , akan memudahkan komputer untuk saling berhubungan. Dengan HTTP ini, internet tidak lagi menjadi rumit dan bukan lagi hanya untuk para ilmuwan atau teknis. Protocol ini pertama kali dibuat oleh Tim Berners Lee. HTTP dapat juga dikatakan sebagai alamat yang digunakan di dalam internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *